Kamis, 22 Agustus 2013

Contoh Gambar Rantai Makanan

Adik-adik yang masih duduk di SMP, SMA pastilah mempelajari rantai makanan tepatnya di bidang studi IPA (IPA Biologi). Rantai makanan sendiri merupakan pelajaran yang menjelaskan bagaimana makhluk hidup saling makan-memakan dengan makhluk hidup lainnya guna untuk mempertahankan hidupnya.

Rantai makanan juga sebenarnya mempunyai banyak manfaat, diantaranya bisa kita cermati apabila rantai makanan tidak ada, maka jelas, pertumbuhan dari makluk hidup tidak akan bisa kontrol, atau makhluk hidup dalam hal ini hewan dan tumbuhan akan memenuhi dunia ini. Karena tidak terjadi makan memakan diantara mereka, inilah yang disebut rantai makanan.

Dibawah ini kami berikan contoh gambar rantai makanan yang sering dijumpai di lingkungan sekitar.


Gambar diatas adalah contoh rantai makanan sederhana, yaitu dimulai dari tumbuhan - belalang - katak - ular - jamur , selanjutnya akan melakukan siklus yang sama secara terus menerus, sehingga terjadi keseimbangan antara semua makhluk hidup dalam rantai makanan diatas.

Rantai makanan bisa saja  tidak seimbang, contohnya dalam gambar diatas, katakanlah populasi katak kurang, maka dengan otomatis populasi belalang akan meningkat, dan bisa saja mengakibatkan populasi tumbuhan menjadi berkurang bahkan punah. Jadi kesimpulannya apabila ada salah satu makhluk hidup dalam satu rantai makanan yang populasinya meningkat ataupun menurun, maka akan mempengaruhi populasi makhluk hidup lainnya yang masih satu rantai makanan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar